Home Laporan Khusus Bangkalan Kembangkan Wisata Air Tonjung4

Bangkalan Kembangkan Wisata Air Tonjung4

124
0
SHARE

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur mempromosikan sungai Tonjung, di Desa Tonjung, Kecamatan Burneh, sebagai destinasi wisata air.

Kepala Disbudpar Bangkalan, Lily Setiawati Mukti mengatakan, sungai yang berasal dari sumber Pocong tersebut memiliki keindahan yang alami dan layak dikembangkan menjadi wisata air.

Selain airnya jernih, sungai yang tidak pernah kering di musim kemarau tersebut juga dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan asri, sehingga menambah keindahan tempat tersebut.

“Tempatnya sangat bagus. Jadi, untuk sekedar menikmati keindahan alam atau sekedar foto-foto disini sangat bagus,” terang dia, JUmat (8/12/2017).

Sebagai promosi pertama, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) langsung tancap gas mengunjungi lokasi tersebut, untuk mempraktekkan hasil materi yang diberikan oleh para ahli.

Para peserta yang berjumlah 30 orang itu diberikan kesempatan untuk mengembangkan konsep pengembangan potensi wisata yang berbasis masyarakat.

“Para peserta diberikan kesempatan untuk melakukan pengembangan potensi wisata, bagaimana penataannya agar pengunjung tertarik datang kesini,” katanya.

Daerah yang juga dekat dengan kebun jeruk tersebut, akan dibuatkan sarana tubing, seluncur Riverboarding, Getek Traisional, Spot Selfie Jembatan Warna, dan tempat untuk Selfie (Spot Selfie) yang saat ini menjadi trending.

“Ini menjadi komitmen kami untuk mengembangkan potensi wisata di Bangkalan, kami akan mengajak masyarakat untuk mendukungnya, karena akan membawa dampak yang baik bagi perekonomian masyakat itu sendiri,” ungkapnya.

Rencananya, lokasi yang tidak terlalu jauh dari jantung kota tersebut akan dijadikan percontohan pengembangan destinasi pariwisata di Bangkalan dengan mengusung “Sapta Pesona” yang akan menjadi magnet karena layak dikunjungi.

“Kedepannya kita akan banyak melakukan kunjungan ke tempat wisata, itu akan kita jadwalkan dan kita akan perkenalkan ke wisatawan dari luar,” janjinya.